Rabu, 20 Maret 2013

Analisis SWOT Dalam Perencanaan Mutu Kebidanan



Assalamu’alaikum , hai sahabat dalam postingan saya kali ini akan membahas tentang peengertian SWOT , cara pengaplikasikan analisis SWOT , dan manfaat analisis SWOT dalam meningkatkan mutu pelayanan kebidanan. Yuk dibaca , semoga bermanfaat J
            Sebelum kita menganalisis manajemen SWOT dalam perencanaan mutu kebidanan ada baiknya kalo kita mengerti dulu apa itu SWOT ? . Pengertian analisis SWOT adalah salah satu bentuk analisis dalam manajemen dengan menggunakan prinsip SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunities, and Threats). Analsis SWOT digunakan untuk melihat kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang akan dihadapi.
SWOT menurut Sutojo dan F. Kleinsteuber (2002 : 8) adalah untuk menentukan tujuan usaha yang realistis, sesuai dengan kondisi  dan oleh karenanya diharapkan lebih mudah tercapai. Analisa SWOT adalah sebuah analisa yang dicetuskan oleh Albert Humprey pada dasawarsa 1960-1970an. SWOT adalah singkatan dari kata-kata Strength (kekuatan perusahaan) Weaknesses (kelemahan perusahaan), Opportunities (peluang bisnis) dan Threats (hambatan untuk mencapai tujuan).
Apabila teknik swot analisis tersebut diterapkan dalam kasus menentukan tujuan strategi manajemen kebidanan dapat diutarakan sebelum menentukan tujuan-tujuan yang ingin dicapai hendaknya perlu menganalisis : kekuatan dan kelemahan, peluang yang ada, berbagai macam hambatan yang mungkin timbul.
Kinerja bidan dapat ditentukan oleh kombinasi faktor internal dan eksternal. Kedua faktor tersebut harus dipertimbangkan dalam analisis SWOT. SWOT adalah singkatan dari lingkungan Internal Strengths dan Weaknesses serta lingkungan eksternal Opportunities dan Thearts yang dihadapi dunia bisnis. Analisis SWOT membandingkan antara faktor eksternal Peluang dan Ancaman dan faktor internal Kekuatan dan Kelemahan.
Teknik analisis SWOT yang digunakan adalah sebagai berikut :
Analisis Internal
Analisis Kekuatan (Strenght)
Setiap bidan perlu menilai kekuatan dari kelemahannya dibandingkan para pesaingnya. Penilaian tersebut dapat didasarkan pada faktor-faktor seperti teknologi, sumber daya finansial, kemampuan kemanufakturan, kekuatan  pemasaran,  dan basis pelaggan  yang dimiliki. Strenght (kekuatan) adalah keahlian dan kelebihan yang dimiliki oleh bidan pesaing.
Analisis Kelemahan (Weaknesses)
Merupakan keadaan bidan dalam menghadapi pesaing mempunyai keterbatasan dan kekurangan serta kemampuan menguasai pasar, sumber daya serta keahlian. Jika orang berbicara tentang kelemahan yang terdapat dalam tubuh suatu satuan  yang dimaksud ialah keterbatasan atau kekurangan dalam hal sumber, keterampilan dan kemampuan yang menjadi penghalang serius bagi penampilan kinerja yang memuaskan. Dalam praktek, berbagai keterbatasan dan kekurangan kemampuan tersebut bisa terlihat pada sarana dan prasarana yang dimiliki atau tidak dimiliki, kemampuan manajerial yang rendah, keterampilan pemasaran yang tidak sesuai  dengan tuntutan pasar, dan tingkat perolehan keuntungan yang kurang memadai.
Analisis Eksternal
Analisis Peluang (Opportunity)
Setiap bidan memiliki sumber daya yang membedakan dirinya  dari bidan lain. Peluang dan terobosan atau keunggulan bersaing tertentu dan beberapa peluang membutuhkan sejumlah besar modal untuk dapat dimanfaatkan. Dipihak lain, bidan-bidan baru  bemunculan. Peluang pemasaran adalah suatu daerah kebutuhan pembeli di mana bidan dapat beroperasi secara menguntungkan.
Analisis Ancaman (Threats)
Ancaman adalah tantangan yang diperlihatkan atau diragukan oleh suatu kecenderungan atau suatu perkembangan yang tidak menguntung-kan dalam lingkungan yang akan menyebabkan kemerosotan kedudukan seorang bidan. Pengertian ancaman merupakan kebalikan pengertian peluang. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ancaman adalah faktor-faktor lingkungan yang tidak menguntungkan.
Jika tidak diatasi, ancaman akan menjadi ganjalan bagi yang bersangkutan baik untuk masa sekarang maupun di masa depan. Dengan melakukan kedua analisis tersebut maka seorang  dikenal dengan melakukan analisis SWOT.


Aplikasi Analisis SWOT untuk Meningkatkan Perencanaan Mutu Pelayanan Bidan

Ø  KEKUATAN (STRENGHT)
·         Pantang menyerah jika terjadi kesulitan
·          berkomitmen pada ucapan
·         Mampu bekerja keras
·         Bertanggung jawab pada perbuatan / pekerjaan
·         Mampu memehami materi dan praktek kebidanan
·         Memiliki teknologi yang menunjang pelayanan kebidananan
·         Kondisi finanasial baik
·         BPM berkualitas

Ø  KELEMAHAN (WEAKNESS)
·         Terlalu egois dan mudah emosi
·         Terlalu mementingkan diri sendiri

Ø  KESEMPATAN (OPPORTUNITY)
·         Kurangnya bidan desa
·         Menurunkan AKI dan AKB
·         Kehamilan dan persalinan yang aman
·         Adanya dukungan dari keluarga
·         Lingkungan mendukung

Ø  ANCAMAN (THREAT)
·         Banyaknya lulusan kebidanan
·         Banyak bidan senior yang lebih berpengalaman
·         Meningkatnya persaingan di antara lulusan AKBID

Manfaat Analisa SWOT Dalam Meningkatkan Perencanaan Mutu Pelayanan Kebidanan

Manfaat analisa SWOT dalam meningkatkan perencanaan mutu pelayanan kebidanan secara umum adalah sebagai berikut :
·         Dapat mengidetifikasi kekuatan dan kelemahan yang dimilik oleh bidan.
·         Dapat mengidentifikasi kesempatan dan ancaman yang di hadapi oleh bidan
·         Dapat bermanfaat untuk melakukan perencanaan dalam upaya mengantisipasi masa depan berdasarkan pengkajian pengalam di masa lampau, di topang sumber daya dan kemampuan yang dimiliki saat ini yang akan di proyeksikan di masa depan.
·         SWOT  juga bermanfaat sebagai pendorong bagi bidan untuk menyusun berbagai kebijakan yang strategis terkait rencana pelaksanaan di masa dating
·         Menjadi bentuk bahan evaluasi kebijakan strategis dalam system perencanaan pelayanan kebidanan.
·         Memberikan informasi mengenai kondisi yang dialami bidan saat ini, selanjutnya  melalui informasi yang ada tersebut akan menjadi pedoman bagi bidan untuk melakukan berbagai kebijakan baru sebagai solusi atas hasil analisa yang sudah ada.
·         Memberikan tantangan ide ide baru bagi pihak manajemen bidan. Adanya berbagai permasalahan seperti kelemahan, peluang serta kekuatan yang kecil ataupun ancaman dari pihak luar akan mendorong bagian manajemen bidan untuk menemukan berbagai idemkebijakan yang lebih fresh dan akan lebih efektif menjadi solusi atas berbagai permasalahan yang ada.

Demikian artikel saya tentang  pengertian SWOT cara pengaplikasikan di bidang kebidanan dan manfaat analisa SWOT dalam meningkatkan mutu perencanaan kebidanan. Semoga bermanfaat J
I hope you really really like it , see you next post J
Wa’alaikumsalam J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar